Mengapa Memilih Teknik Informatika ?

Mengapa Memilih Teknik Informatika ?







Apa itu Teknik Informatika ?

Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

Motivasi saya masuk Informatika UNSIKA 

Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka saya memutuskan untuk mengambil studi S1 saya di kampus Universitas Singaperbangsa Karawang dengan mengambil Teknik Informatika sebagai program studinya. Dengan masuk di Informatika  UNSIKA diharapkan saya mampu menjadi lulusan Sarjana Komputer yang kompeten dan mampu bersaing dengan para kompetitor khususnya dibidang IT.

Kompetisi yang saya canangkan di Informatika UNSIKA 

Selama kurang lebih 4 tahun kedepan belajar di Fasilkom UNSIKA, saya telah menargetkan kompetisi kompetisi yang nantinya bisa saya miliki.

1. Sistem Informasi
saya ingin menguasai tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.

2. Software dan Desain Grafik
Saya ingin menguasai tentang metode perancangan (design), metode pengembangan (development ), dan penggunaan perangkat lunak dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari serta mendesain grafik dengan menggunakan software yang berkembang saat ini.

3. Pemrograman dan Komputasi
 Saya ingin mampu dan menguasai tentang menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi dan mengerti bahasa pemrograman seperti Java, C++, HTML, PHP , mampu menggunakan software berbasis pemrograman saat ini serta membuat program untuk keperluan bisnis , kerja ataupun kehidupan sehari hari.

4. Jaringan Komputer
Saya ingin mengerti dan menguasai tentang teknik pengoperasian dan pengembangan jaringan komputer yang berkembang saat ini. 

Prospek Lulusan Teknik Informatika yang saya harapkan

Jenis pekerjaan yang saya inginkan sebagai lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain yang terpenting di bidang IT.

Sekian dan Terima kasih.


======================= iMAM'S OFFICIAL BLOG JILID 2 ===================

post written by:

Related Posts

0 Comments: